Rebo Nyunda Disdik Kota Bandung “Butuh Seniman”

0
20

Bandung, varianews.com – Salah satu Program yang termaktub dalam program Unggulan Bandung Juara dan sampai kini terus digulirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung adalah Rebo Nyunda. Kegiatan yang dilaksanakan seminggu satu kali, tepatnya ditiap-tiap hari Rabu itu, bertujuan melestarikan Budaya Sunda sebagai salah satu Budaya lokal yang berkembang di Jawa Barat.

Diperoleh fakta bahwa kini Rebo Nyunda telah dan sedang menjadi program primadona baik dikalangan masyarakat luas Kota Bandung maupun kalangan dilingkungan Pemkot Bandung itu sendiri.

Adapun, salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Bandung yang aktif melaksanakan Program Rebo Nyunda adalah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung.

Kendati begitu, ternyata, rutinitas Rebo Nyunda di Disdik Kota Bandung, kini seakan dihadapkan pada berbagai masalah yang sangat mengganggu terselenggaranya “Kegiatan Apresiasi Budaya Rebo Nyunda Dinas Pendidikan Kota Bandung” yang berlebel “Melalui Apresiasi Seni Budaya Sunda Kita Wujudkan Budaya Sunda Yang Berkarakter Menuju Bandung Juara”.

Dari penelusuran Pelitaindonews.Com, diperoleh keterangan, bahwa seringnya pagelaran Rebo Nyunda di Disdik Kota Bandung terabaikan itu dikarenakan kekurangan unsur pendukung utamanya yaitu Seniman.

“Selama ini, seniman yang menjadi Penggerak sekaligus Penanggung jawab Pagelaran dilapangan adalah dari Pihak Penilik, diantaranya H. Yayan I, Edi, Sutarna yang dibantu beberapa orang dari Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD), diantaranya Asep Jaenudin.

Jika H. Yayan I, tidak dapat hadir, maka dimungkinkan di hari Rabu itu, tidak akan ada Pagelaran Rebo Nyunda di Disdik Kota Bandung” Kata seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang enggan Identitasnya disebutkan.

Menutup keterangannya kepada pelitaindonews.com, dia mengatakan : “Mudah-mudahan pada tiap Rabu mendatang, Pagelaran Rebo Nyunda tidak ada liburnya dikarenakan bertambahnya Seniman Potensial yang siap mendukung terselenggaranya Program Rebo Nyunda di Disdik Kota Bandung. Kalau bukan oleh Kita, lalu oleh siapa lagi?” Paparnya.

Sementara itu, ka-Disdik Kota Bandung DR Elih SP, ketika dihubungi melalui Telpon selulernya, diminta waktu untuk dikonfirmasi terkait Rebo Nyunda termaksud, sampai berita ini diturunkan belum ada jawaban. (kang HUWA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here