Mengenal SMKN 15 Kota Bandung Lebih Jauh

0
31

Bandung, varianews.com – Bangunan Sekolah yang didirikan Indo Europee Verbond (IEV) untuk Kweek School Voor Onderwinzer dengan Bouwsubside, Jln. Jenderal Gatot Subroto No. 4 Kota Bandung, pada usianya yang ke 78 tahun, tepatnya pada tahun 1997, resmi  menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 15 Kota Bandung dengan SK Mendikbud Nomor : 036/0/1997.

Ternyata, perjalanan dari Perubahan nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 15 Kota Bandung sebagai pelaksana pembelajaran Kelompok Kesejahteraan Masyarakat Bidang Keahlian dan Program Keahlian Pekerjaan Sosial, terbilang lama. Pasalnya, pada tahun 2006 keluarga besar sekolah ini, baru bisa menambah satu Bidang Keahlian Pariwisata dengan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan.

Kendati begitu, berkat kerja keras Drs. H. Slamet Heryadi,M.Pd sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) bekerja sama dengan Komite Sekolah, Hasan Nurdin, S.E dan dibantu seluruh keluarga besar SMKN 15 Kota Bandung kini memiliki sarana yang lengkap. Antara lain, Lab. Komputer, Lab. Pekerjaan Sosial (Tempat Pengasuhan Anak/TPA), Perhotelan/Kamar Hotel, Front Office, Restoran, Kitchen, Perpustakaan, Lapangan Olah Raga (Futsal, Basket, Volley, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan), Mesjid, Ruang Serbaguna/Aula.

Adapun, baik prestasi belajar maupun prestasi hasil dari mengikuti lomba bidang akademik dan non Akademik yang telah diraih para Siswa/I-nya, sangat sulit untuk disebutkan satu persatu. Hal tersebut, dikarenakan sudah terlalu banyak.

Sementara itu, untuk Akreditasi sekolah terkait pembelajaran di bidang Pekerjaan Sosial dan Kepariwisataan / Akomodasi Perhotelan masing-masing mendapat nilai A dan atau Amat Baik.

Berdasar Visi : Menjadi sekolah yang dikelola dengan Standar Nasional Pendidikan, berbudaya lingkungan, berkarakter dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional pada tahun 2019.

Misi yang diantaranya Menerapkan standar pelayanan minimal dengan melaksanakan 8 (delapan) standar nasional pendidikan; Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif, menyenangkan, gembira, dan berbobot; Menumbuhkan semangat kompetitif secara sehat kepada seluruh warga sekolah; Melaksanakan pembudayaan ramah lingkungan, bersih, sehat, asri, nyaman, dan hijau; Pembiasaan budaya jujur dan anti korupsi;

Maka, dalam menjalankan aktivitasnya, semua pihak yang ada di lingkungan SMKN 15 Bandung  berupaya menjunjung dan menerapkan nilai-nilai yang  menjadi dasar dari setiap aktivitas keseharian yang disingkat LIBELS. Yaitu : Loyal terhadap komitmen;  Inovatif, aktif dan kreatif; Bertanggung jawab dalam menjalankan tugas;  Efektif dan efisien dalam mencapai visi, misi, Lingkungan berbudaya religius; Servis terbaik untuk semua anggota organisasi dan stake holder.

”Untuk memudahkan learning process, pencapaian visi misi dan tumbuhnya budaya yang diinginkan dimulai dengan menyederhanakan konsep nilai-nilai yang diinginkan dalam bentuk motto, yaitu:  Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun).

Senyum : Kami siswa siswi SMK Negeri 15 Bandung, berjanji akan selalu tersenyum ceria dan senang hati terhadap siapapun;  Sapa, Kami siswa siswi SMK Negeri 15 Bandung, berjanji akan bertegur sapa, dan menjunjung tinggi kekeluargaan dan mempererat tali persaudaraan; Salam, Kami siswa siswi SMK Negeri 15 Bandung, berjanji akan selalu menghargai dan memberikan penghormatan dengan mengucapkan salam;

Sopan, Kami siswa siswi SMK Negeri 15 Bandung, berjanji akan bersikap sopan, dengan sikap dan perilaku yang baik berbuat yang terbaik tulus dan ikhlas; Santun, Kami siswa siswi SMK Negeri 15 Bandung, berjanji akan selalu santun dalam bertutur kata, yang mencerminkan pribadi yang bersih dan suci.” Papar seorang Siswi yang enggan di sebutkan identitasnya. (kang HUWA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here