Menekan Angka Perceraian dan KDRT

0
8

 Kemenag Kota Bandung Adakan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin

Bandung, Varianews.com Sebanyak 60 pasang calon pengantin mengikuti Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin yang diselenggarakan Kemenag Kota Bandung. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari (13-14 september 2017) bertempat di aula Kemenag Kota Bandung, Jln. Soekarno-Hatta No.498 Bandung.

Selama kegiatan tersebut, calon pengantin pria dan wanita diberi sesi ceramah, dialog serta berbagai simulasi tentang materi-materi yang diberikan oleh instruktur yang memiliki kompetensi, mengikuti pelatihan di Kemenag Pusat dan bersertifikasi. Mengikuti bimbingan tersebut tidak dipungut biaya, peserta diberikan piagam setelah selesai mengikuti bimbingan hingga tuntas.

Kasi Bimas Islam, Kemenag Kota Bandung, Drs. H. Mimin Sutisna, M.Pd.I, ditemui di sela kegiatan mengatakan, Bimbingan calon pengantin pra nikah bertujuan untuk mengokohkan ketahanan keluarga dalam mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Dikatakan H.Mimin, Bimbingan Perkawinan sangat perlu dilaksanakan sebagai pondasi awal menjalankan rumahtangga mengingat banyaknya kasus perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) belakangan ini. Dengan adanya program ini, diharapkan bahwa perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga dapat dicegah oleh para suami-istri yang telah dibekali dengan pengetahuan yang memadai tentang bagaimana menjalankan roda rumah tangga.

“Pengetahuan tentang pekawinan sangat penting dan harus diberikan sedini mungkin, sejak sebelum berlangsungnya perkawinan, yaitu melalui Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin,” tegas H.Mimin.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenag Kota Bandung tersebut sejalan dengan program Dirjen Bimas Islam Kemenag RI dalam menekan tingginya angka perceraian, terutama pada usia pernikahan kurang dari 5 tahun dan banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). *(Anas Nasikhin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here