Dinas Pertanian Berupaya Kembalikan Citra Kopi Cianjur

0
10

Cianjur, Varianews.com Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Cianjur, Jawa Barat, berupaya untuk mengembalikan citra Cianjur sebagai penghasil kopi terbaik di Jawa Barat.

“Salah satunya dengan meningkatkan produksi dan menambah luas tanam kopi. Cianjur pernah menjadi penghasil kopi terbaik, kami ingin mengambalikan hal tersebut,” kata Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Cianjur, Mamad Nano di Cianjur, Jumat.

Dia menjelaskan, tahun ini Cianjur mendapatkan bantuan 60 ribu bibit pohon kopi disebar ke beberapa wilayah seperti Area Gunung Padang yang masuk ke wilayah Campaka dan Sukanagara serta sejumlah wilayah lainnya.

“Ini merupakan program Pemprop Jabar, untuk meningkatkan produksi kopi yang dikembangkan di Cianjur. Saat ini lahan yang digunakan untuk kopi sebanyak 6000 hektar dengan produksi enam ton per hektare, sehingga hasil panen cukup untuk menyuplai kebutuhan kopi meskipun masih belum maksimal,” katanya.

Pihaknya meminta petani mengedepankan kuantitas dan fokus pada kualitas, sehingga di pasaran kopi asal Cianjur dapat bersaing dengan kopi arabika dari daerah lain di Indonesia.

“Petani saat ini masih dibina untuk memaksimal memproduksi kopi, namun lama panen dari awal penanaman membuat kebijakannya masih tumpang sari, sehingga belum fokus tapi ke depan akan didorong maksimalkan kopi,” katanya.

Seiring meningkatkan penanaman kopi di berbagai wilayah di Cianjur, pihaknya berharap dapat meningkatkan roda perekonomian dan kesejateraan petani kopi dan warga sekitar. *(Anas Nasikhin / ant)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here